Selamat Datang
image

Bingkai Matahati

02742171999


Berbagi Informasi Berbagi Peluang & Berbagi Kesempatan
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Info Lowongan Kerja
Tips Hari Ini

Minum kopi & teh pahit tiap pagi dapat memperlambat pikun karena kafein pada kopi & teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim yang berpotensi mengurangi kepikunan.

Tips lain selengkapnya

Bisnis Online

Mobil bekas  <mce:script type=

wirausaha online  

 

bisnis invest hemat dan murah

Tell & Share

Tertarik dengan Artikel kami Silahkan klik ini

Tell a Friend

Add to Google

Webstore

  DVD TUTORIAL BIKIN WEB  

          

    

Rahasia sukses Bisnis Online

Berita

Newsletter
Dapatkan Artikel Gratis 

Download Terpopuler

Driver hp  & Komputer

Selengkapnya

 

Lagu-lagu MP3


 

Manfaat Wortel bagi Tubuh

Wortel hampir selalu ada di setiap hidangan. Sayuran berwarna orange yang renyah manis ini dikenal sebagai sumber vitamin A. Padahal ada sejumlah khasiat lain yang didapat jika makan sayuran ini secara teratur.

Wortel atau Daucus carota adalah tumbuhan jenis sayuran umbi berwarna jingga. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih cantik.

Wortel dikenal memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi. 100g wortel mengandung 28.000 IU (Internasional Unit) vitamin A dan juga memiliki unsur lain seperti serat, potasium, vitamin C, karotenoid dan vitamin K yang dibutuhkan tubuh.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak, sayuran yang mudah didapat dan relatif murah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Mata
Wortel kaya akan Beta-karotein yang diubah menjadi vitamin A dan ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin. Sebuah pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan pada malam hari. Banyak makan wortel memiliki resiko 40% lebih rendah terkena degenerasi makula dibandingkan yang tidak.

Kanker
Sebuah penelitian menunjukkan kandungan falcarinol dan falcarindiol pada wortel bisa mengurangi resiko kanker paru-paru, payudara, dan kanker usus.

Anti penuaan dini
Wortel kaya akan betakaroten yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel yang dialami tubuh melalui metabolisme. Hal ini sangat membantu memperlambat proses penuaan dini.

Kulit sehat bercahaya
Vitamin A dan antioksidan pada wortel bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Tubuh yang kekurangan vitamin A menyebabkan kulit kepala dan rambut kering serta kulit tubuh terlihat kusam. Banyak makan wortel bisa mencegah kerut, jerawat, kulit kering, menyamarkan noda hitam dan warna kulit tidak merata.

Antiseptik
Wortel sudah dikenal banyak orang sebagai obat antiseptik alami yang ampuh untuk menyembuhkan luka. Parut atau haluskan wortel metah atau yang sudah direbus, lalu taruh pada bagian tubuh yang terluka.

Mencerahkan warna kulit
Tidak sedikit wanita menggunakan masker dengan parutan wortel untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar. Parut wortel dan campur dengan sedikit madu, lalu jadikan masker pada wajah atau kulit tubuh. Diamkan 5 menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika dilakukan rutin, warna kulit menjadi lebih indah.

Jantung
Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berkaitan dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung betakarotein tapi juga alfakarotein dan lutein yang baik untuk menjaga serta memelihara kesehatan jantung.

Sembelit
Vitamin A pada wortel dapat membantu hati atau liver untuk membuang racun dari dalam tubuh. Serat yang ada pada wortel juga baik untuk melancarkan saluran pencernaan yang mencegah terjadinya sembelit.

Gigi dan gusi
Wortel memiliki kandungan yang berguna untuk mengikis plak dan partikel makanan yang bekerja seperti sikat atau pasta gigi. Mineralnya juga bermanfaat baik untuk mencegah kerusakan gigi.

Stroke
Penelitian oleh Harvard University menyebutkan, mereka yang makan wortel lebih dari 6 buah wortel selama seminggu memiliki resiko lebih rendah terkena stroke dari pada mereka yang makan 1 buah wortel sebulan.

sumber : detikfood

Tue, 15 Nov 2011 @10:12


1 Komentar
image

Fri, 6 Jan 2012 @20:55

salmah.S.Pd.

wortel memang jempol sangat berkhasiat bagi kesehatan


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Keywords
Kosakata & Kata Bijak

Kosakata

Eksotika ~ Mempunyai daya tarik yang khas

Elemen ~ Unsur

Selengkapnya

Kata Bijak

Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir Success is a journey, not a destination. ~ Ben Sweetland

Jika kamu menginginkan sesuatu dalam hidup, maka kamu harus bekerja keras. Saya tahu sepakbola ini pekerjaan, tetapi saya sangat mencintainya," tegas Javier "Chicharito" Hernandez (Pesepakbola Manchester United asal Mexico).

Selengkapnya

 


Iklan

 

  Photobucket

Link Sponsor
Etalase

Info Bisnis

Peluang Bisnis

 

 

Peluang Bisnis Pulsa Luar Biasa, Modal Murah Hasil Ratusan Juta, Jadikan HPmu Mesin Uang Otomatis Tanpa Batas      

Tamu Online

Bingkai Matahati

 

PageRank Checker

SLINK
Copyright © 2019 Bingkai Matahati · All Rights Reserved