Selamat Datang
image

Bingkai Matahati

02742171999


Berbagi Informasi Berbagi Peluang & Berbagi Kesempatan
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Info Lowongan Kerja
Tips Hari Ini

Minum kopi & teh pahit tiap pagi dapat memperlambat pikun karena kafein pada kopi & teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim yang berpotensi mengurangi kepikunan.

Tips lain selengkapnya

Bisnis Online

Mobil bekas  <mce:script type=

wirausaha online  

 

bisnis invest hemat dan murah

Tell & Share

Tertarik dengan Artikel kami Silahkan klik ini

Tell a Friend

Add to Google

Webstore

  DVD TUTORIAL BIKIN WEB  

          

    

Rahasia sukses Bisnis Online

Berita

Newsletter
Dapatkan Artikel Gratis 

Download Terpopuler

Driver hp  & Komputer

Selengkapnya

 

Lagu-lagu MP3


 

Meningkatkan Kemampuan Baca Anak


img
Ilustrasi (Foto: kindercare)
 
 
Waktunya masuk sekolah adalah waktunya anak-anak kembali belajar. Anak-anak yang baru masuk sekolah biasanya belum begitu lancar membaca . Karena itu tak ada salahnya untuk melatih keterampilan ini sejak anak belum masuk sekolah dasar.

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh anak, untuk mengasah kemampuannya dibutuhkan latihan. Karena itu ketahui trik-trik apa saja yang harus dilakukan orangtua untuk meningkatkan kemampuan membaca anak?

Dikutip dari Livestrong ada beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan keterampilan membaca anak, yaitu:

1. Menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak.
Jika banyak barang yang menunjang akan membuat anak terdorong untuk membaca. Salah satu pilihannya adalah buku-buku yang menarik untuk anak-anak, seperti buku bergambar atau dengan warna-warna yang menarik perhatian anak.

Mengajak anak ke perpustakaan. Ditempat ini anak-anak akan memiliki pilihan buku yang lebih banyak, sehingga lebih memotivasi dirinya untuk membaca. Selain itu di suasana di perpustakaan juga turut mendorong anak untuk ikut serta membaca.

2. Membacakan buku untuk anak.

Membacakan buku untuk anak dengan suara keras setiap hari bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca si kecil. Hal ini juga memungkinkan untuk anak mencoba membaca sendiri, karena baginya hal ini cukup menyenangkan.

3. Menjadikan suatu permainan.
Menjadikan cara belajar membaca menjadi sebuah permainan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik bagi anak. Cobalah untuk mengajak anak mencocokkan antara awal suku kata dengan akhirannya, sehingga anak bisa belajar membaca sambil bermain.

4. Menyanyikan lagu-lagu.
Dengan menyanyikan sajak-sajak lagu, maka anak akan belajar untuk menghubungkan antara huruf dan suara yang dibuatnya. Bernyanyi sambil bertepuk tangan mengikuti irama lagu juga dapat mendorong pemahanam kata-kata tersebut.

5. Menyediakan tempat khusus untuk membaca.
Menyediakan tempat khusus bagi anak untuk membaca akan memotivasi anak untuk belajar. Orangtua juga bisa turut terlibat untuk menggunakan tempat tersebut, sehingga kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan bagi si kecil.

6. Biarkan anak mencoba untuk menulis.
Menulis jug bisa meningkatkan kemampuan anak membaca, karena anak sambil belajar untuk menggabungkan antara huruf untuk membentuk suatu kata atau kalimat. Kegiatan ini juga membantu keterampilan menulis anak.

7. Mengajak anak untuk membaca bersama.

Menghabiskan waktu untuk membaca bersama bisa memberikan pesan yang menyenangkan bagi anak. Biarkan anak memilih bukunya sendiri, lalu ajaklah membaca bersama-sama. Kondisi ini akan semakin memotivasi anak untuk belajar membaca.
(ver/ir)
 

 

Vera Farah Bararah - detikHealth
 

Fri, 4 Feb 2011 @11:28


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Keywords
Kosakata & Kata Bijak

Kosakata

Eksotika ~ Mempunyai daya tarik yang khas

Elemen ~ Unsur

Selengkapnya

Kata Bijak

Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir Success is a journey, not a destination. ~ Ben Sweetland

Jika kamu menginginkan sesuatu dalam hidup, maka kamu harus bekerja keras. Saya tahu sepakbola ini pekerjaan, tetapi saya sangat mencintainya," tegas Javier "Chicharito" Hernandez (Pesepakbola Manchester United asal Mexico).

Selengkapnya

 


Iklan

 

  Photobucket

Link Sponsor
Etalase

Info Bisnis

Peluang Bisnis

 

 

Peluang Bisnis Pulsa Luar Biasa, Modal Murah Hasil Ratusan Juta, Jadikan HPmu Mesin Uang Otomatis Tanpa Batas      

Tamu Online

Bingkai Matahati

 

PageRank Checker

SLINK
Copyright © 2020 Bingkai Matahati · All Rights Reserved